Senin, 19 November 2012

Dunia Belum Bebas dari Polio

Dunia Belum Bebas dari Polio

Rencana penanganan polio terhalang oleh kurangnya dana sebesar hampir Rp9,5 triliun hingga tahun 2013.

polio
Meskipun adanya penurunan kasus polio dibandingkan pada tahun lalu, ancaman penularan terus terjadi terkait jumlah dana dan vaksinasi yang dibutuhkan. Penurunan jumlah kasus polio pada empat bulan pertama di tahun ini, dibandingkan pada periode yang sama di tahun lainnya, kasus ini terus terjadi di Nigeria, Pakistan, Afghanistan, dan Chad.
Global Polio Eradication Initiative (GPEI) mengambil tindakan dengan mengumumkan Rencana Aksi Darurat (Emergency Action Plan), Kamis (24/5). Namun, rencana itu kini terhalang oleh kurangnya dana yang penting untuk aksi tersebut sebesar hampir Rp9,5 triliun hingga tahun 2013.
Rencana Aksi Darurat ini bertujuan meningkatkan cakupan vaksinasi di tiga negara yang merupakan endemik polio yakni Nigeria, Pakistan dan Afghanistan, ke tingkat yang diperlukan untuk menghentikan penularan.
Secara bersamaan, para Menteri Kesehatan bertemu di World Health Assembly pada minggu ini. Guna mempertimbangkan resolusi menetapkan penyelesaian pemberantasan polio menjadi program darurat untuk kesehatan masyarakat global. "Kami membutuhkan komitmen dan kerja keras setiap orang untuk memberantas polio hingga tahap akhir," tegas Dr. Thomas Frieden, dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
Sedangkan Direktur Jenderal WHO Dr. Margaret Chan mengungkap, penyebaran polio kini berada pada titik kritis antara keberhasilan dan kegagalan.
Aktivitas pemberantasan polio menyebabkan keberhasilan yang dicapai pada tahun 2010-2012. India, yang telah lama menjadi negara yang menghadapi tantangan terbesar dalam pemberantasan, telah dihapus dari daftar negara endemik polio pada bulan Februari 2012. Wabah penyakit yang menyebar di negara-negara bebas polio hampir seluruhnya dihentikan.
Wabah polio yang menyebar beberapa tahun terakhir di China dan Afrika Barat disebabkan oleh impor yang dilakukan dari Pakistan dan Nigeria. Sehingga masing-masing negara menyoroti munculnya ancaman wabah yang terus terjadi.Diperkirakan, kegagalan dalam memberantas polio di dalam satu dekade bisa menyebabkan sebanyak 200.000 anak menjadi lumpuh setiap tahunnya di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar