Kamis, 17 Mei 2012

Masa Pubertas Dan Menstruasi Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Masa Pubertas Dan Menstruasi Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Masa Pubertas Dan 
Menstruasi Mempengaruhi Kesehatan Gigi
Kesehatan Gigi pada masa pubertas atau yang jaman sekarang disebutnya masa ABG (anak baru gede) sangat berpengaruh, karena pada masa  ini adalah masa dimana terjadinya pengingkatan produksi hormon seks. Biasanya pada masa  ini menyisakan keadaan yang konstan (berkelanjutan) bagi kelangsungan reproduksi seorang wanita. Masa pubertas pada wanita ditandai dengan datangnya siklus haid/Menstruasi. Meningkatnya hormon seks berpengaruh pada kesehatan gigi karena pada fase ini akan memicu melebarnya pembuluh darah kecil pada gusi. (hihihihi.. ngeri juga ya). Selanjutnya pelebaran darah juga akan terlihat dari beberapa tanda diantaranya  gusi yang memerah, perdarahan diradang gusi dan pembengakan disekitar gusi.
Terkait dalam kesehatan gigi ada beberapa mikroba pada fase diatas dan merupakan perubahaan dari  mikroba yang “menyehatkan” menjadi mikroba yang “bersifat merusak” (destruktif)  atau “bersifat menjadi bibit penyakit” (patogen). Perubahan ini mengakibatkan meningkatnya kadar hormon dalam darah sehingga bakteri patogen dapat berkembang biak dan bakteri tersebut menggunakannya untuk terus tumbuh dan bertambah banyak (berproliferasi). Plak dan karang pada gigi juga akan semakin memperburuk kondisi tersebut, terutama pada kesehatan gigi kita. (Waaah berarti kita harus benar-benar menjaga kesehatan gigi kita ya).
Menanamkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi sejak dini akan hal ini sangatlah penting, serta harus rutin memeriksakan gigi dan kebersihan gigi. Kasus peradangan gusi dan gigi yang bengkak cenderung dihubungkan pada masa pubertas dan akan  menurun seiring memasuki usia lanjut. Dengan demikian yuk kita sama-sama menjaga kesehatan gigi kita agar gigi kita sehat dan masa pubertas kita berjalan dengan oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar