Sabtu, 26 Januari 2013

Dampak Penggunaan Lipstik Bagi Kesehatan



Agar bibir terlihat lebih merona dan terkesan sensual beberapa wanita menyiasatinya dengan pulasan lipstik pada bibir. Namun, tanpa Anda sadari lipstik yang kerap dipakai ternyata dapat  membahayakan kesehatan gigi Anda. Seorang peneliti dari Brazil menemukan efek buruk akibat penggunaan lipstik.
Peneliti mengungkapkan adanya beberapa jenis produk kecantikan yang mengandung parafin. Walaupun kandungan parafin yang terdapat dalam kosmetik jumlahnya sedikit namun penggunaannya yang teratur dan terus menerus dapat merusak enamel gigi sehingga terjadi karies gigi.
Parafin yang menempel pada permukaan gigi dapat menyebabkan serpihan-serpihan kecil dari makanan menempel dengan mudah. Akibtanya, bakteri berbahaya dapat berkembangbiak dengan subur. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan infeksi sehingga terbentuklah rongga di enamel gigi atau retakan kecil.
Peneliti menemukan bahwa dari 10 merk lipstik yang terkenal ternyata juga mengandung parafin yang dapat meningkatkan masalah pada gigi.
Masalah pada gigi akan terlihat pada kurun waktu 2 – 3 bulan pada orang yang menggunaan lipstik setiap harinya. Diperkirakan rata-rata wanita yang memakai, lipstik, maskara,  krim, dan produk kosmetik lainnya akan menerima hingga 2 kilogram senyawa kimia berbahaya.
Agar terhindar dari dampak buruk tersebut, sebaiknya para wanita lebih selektif terhadap pemilihan kosmetik, perhatikan dengan benar apa saja kandungan yang terdapat dalam kosmetik yang akan Anda gunakan, serta berikan perlindungan yang lebih pada gigi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar