Jumat, 18 Januari 2013

Penyebab Iritasi Mata Dan Cara Penyembuhannya

Penyebab Iritasi Mata Dan Cara Penyembuhannya

iritasi mata

Infeksi mata dapat diakibatkan oleh serangan dari berbagai jenis penyakit. Iritasi mata pada umumnya terjadi akibat infeksi karena bakteri, virus atau benda asing. Orang yang memakai kontak lens lebih rentan terhadap infeksi mata karena adanya bakteri.

Beberapa jenis  infeksi umum pada mata yang menyebabkan iritasi

Mata konjungtivitis atau mata berwarna pink atau belekan - Hal ini menyebabkan iritasi dan membuat mata merah. Penyakit infeksi mata jenis ini salah satu yang paling umum. Infeksi ini disebabkan oleh udara yang membawa penyakit kemudian bisa terkena mata kita sehingga kita harus tetap berhati-hati.

Tembel atau timbilen - Secara medis dikenal dengan nama hordeolum. Penyakit ini sangat mudah dikenali karena ada benjolan kecil terbentuk di kelopak mata atau di dasar bulu mata.

Blepharitis - Biasanya kelopak mata mengalami peradangan dalam kondisi ini yang juga bisa menyebabkan mata seperti terbakar, gatal dan iritasi.

Orbital selulitis – Penyakit ini disebabkan peradangan atau infeksi di daerah sekitar mata. Tapi kadang-kadang bisa menjadi serius seperti kehilangan penglihatan, jika pengobatan yang diperlukan tidak disediakan.

Keratitis - dikenal sebagai ulkus kornea. Biasanya hal itu disebabkan oleh cedera pada kornea mata yang disebabkan oleh benda asing.

Dacryocystitis – Penyakit ini disebabkan karena terjadi infeksi pada saluran air mata.

Gejala iritasi pada mata

Beberapa gejala umum dan tanda iritasi mata yaitu

  1. gatal terus-menerus,

  2.  pembengkakan mata,

  3. mata berair,

  4. pandangan kabur dan mata merah,

  5. keluar cairan kuning atau hijau,

  6. dan rasa sakit di mata.

Ada beberapa solusi alami untuk menyembuhkan iritasi mata

1. Anda harus menghindari olahraga renang yang mengandung klor untuk menghindari iritasi.

2. Obat pencuci mata herbal sangat efektif, hanya dengan menggunakan 1 sdt ramuan pencerah mata (eyebright) kering dalam 1 liter air mendidih. Biarkan hingga dingin dan kemudian Anda saring cairan ini. Dan siap untuk digunakan sebagai obat pencuci mata.

3. Madu sangat efektif sebagai obat iritasi mata. Anda dapat digunakan langsung ke mata Anda atau Anda dapat membuat obat cuci mata madu, sebagai pengobatan gangguan mata. Ambil tiga sendok makan madu dalam dua cangkir air mendidih. Biarkan hingga dingin dan kemudian menggunakannya sebagai obat cuci mata.

4. Kompres kentang parut dan letakkan pada mata Anda. Kentang adalah zat alami dan membantu untuk mendisinfeksi.

5. Sebuah obat Ayurvedic dari bahan seperti ketumbar, adas dan kapulaga yang bermanfaat bila mengalami iritasi atau peradangan. Tambahkan 1 sendok teh biji ketumbar, air mendidih dan biarkan meresap selama 15 menit. Kemudian  Saring. Gunakan bola kapas steril dan basuhkan pada mata Anda selama 15 menit. Ulangi 3-4 kali sehari.

Itulah beberapa informasi tentang iritasi mata dan penyembuhan alaminya. Jika penyakit Anda semakin akut, maka perlu konsultasi dengan dokter mata. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar