Jumat, 18 Januari 2013

Persiapan Melahirkan Untuk Ibu Hamil

Persiapan Melahirkan Untuk Ibu Hamil

Hari kelahiran sudah makin dekat dan Anda pastinya sudah tidak sabar melihat sang buah hati. Namun, sebelum melahirkan, 

Anda sebaiknya memerhatikan dan sudah melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tidak lupa memanjakan diri sendiri
Ketika Anda sudah melahirkan nanti, Anda akan sibuk dengan kehadiran sang bayi dan pastinya jam tidur akan sangat berkurang, penampilan pun tidak sempat untuk diperhatikan dan rasa lelah tentu tidak bisa dihindari akan menimpa tubuh. Nah, sebelum Anda akan mengalami saat-saat melahirkan dan setelahnya, Anda bisa meluangkan waktu untuk memanjakan diri Anda sendiri misalnya dengan memotong rambut ke salon agar terlihat segar kembali.
2. Membaca banyak bahan
Mendekati hari melahirkan tentu sang Bunda memerlukan banyak info seputar bayi khususnya yang baru pertama kali melahirkan. Oleh karena itu, Anda bisa membeli dan membaca buku yang berisi informasi seputar bayi, selain itu Anda juga berkomunikasi dengan dokter dan menanyakan pengalaman ibu-ibu hamil lainnya yang berpengalaman.
3. Babymoon
Kalau setelah menikah, Anda segera menikmati bulan madu atau honeymoon bersama sang suami nah setelah melahirkan saatnya Anda akan menikmati momen bersama bayi mungil Anda. Ya, babymoon! Momen bermesraan dengan suami bisa dilakukan dengan membelai calon bayi sebelum ia dilahirkan adalah waktu yang perlu disediakan agar terjalin hubungan yang dekat antara bayi, ibu dan ayah.
4. Bergaul dengan ibu hamil lainnya
Kita pun tidak hanya membutuhkan waktu untuk menjalin hubungan akrab denga suami tetapi juga bisa dengan ibu hamil lainnya untuk saling bertukang pengalaman. Setidaknya Anda juga bisa mendapat support / dukungan dari ibu-ibu lainnya sehingga bisa membuat Anda merasa rileks sebelum melahirkan.
5. Tetap bangun pagi
Walaupun ingin memanjakan diri, sebaiknya jangan terus-terusan untuk bangun kesiangan. Anda tetap harus berusaha bangun pagi dan menikmati olahraga kecil di sekitar rumah dan lingkungan dan menghirup udara segar untuk kesehatan Anda dan calon bayi.
6. Persiapan keuangan
Ya, uang adalah bagian penting yang harus diperhatikan. Walaupun pastinya ada perkiraan mengenai proses melahirkan Anda, Anda mesti mempersiapkan dana cadangan untuk proses kelahiran bayi Anda, siapa tahu ternyata Anda harus melahirkan dengan cara operasi.
7. Sediakan album bayi
Sediakan album foto-foto bayi dan barang-barang serta kamar yang sudah disediakan agar momen-momen perkembangan bayi Anda tidak terlewatkan.
8. Sediakan baju bayi
Sebelum melahirkan, sebaiknya ibu hamil pun harus menyediakan beberapa baju bayi agar tidak kelimpungan setelah proses melahirkan nantinya. Baju bayi yang disiapkan pun tidak mesti yang mahal asal yang berkualitas baik.
9. Olahraga
Jangan lupakan gerak badan atau olahraga, Anda bisa melakukan olahraga ringan supaya badan tidak kaku dan lebih luwes. Ya, memang ketika akan melahirkan, badan terasa berat dan terasa pegal-pegal sehingga tidak enak diajak untuk bergerak namun usahakanlah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan.
10. Rileks, jangan tegang
Hal yang paling penting untuk diingat adalah ibu hamil tidak perlu tegang sebalinya rilekskan badan Anda. Pada saat waktu luang, Anda pun perlu melakukan latihan pernapasan yang sudah Anda pelajari pada saat senam sehingga proses melahirkan akan lebih lancar karena pernafasan yang teratur. Anda pun sebaiknya tidak usah menyimpan bahkan memikir-mikirkan cerita buruk seputar proses melahirkan karena proses melahirkan pada setiap ibu hamil pasti berbeda-beda.
11. Tidur yang cukup
Miliki jam tidur yang cukup agar Anda punya cukup tenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar