Rabu, 23 Januari 2013

Penyebab Lambung Bocor

 
 














Pernah dengar lambung bisa bocor? Ibarat selang air, ketika lambung bocor, sebenarnya ada juga yang tercecer. Semakin lebar kebocoran itu, tentu saja semakin kecil dan sedikti asupan yang masuk dan di

olah jadi gizi oleh tubuh kita. Bagaimana mengatasi kebocoran itu?

Ada satu keadaan yang disebut ileus. Ileus adalah suatu kondisi dimana ada suatu rintangan/halangan aliran dari makanan yang sedang dicerna, gas, dan cairan didalam usus kecil. Itu mungkin disebabkan oleh suatu rintangan/halangan mekanik, contohnya, suatu tumor didalam usus kecil, atau suatu rintangan fungsional, contohnya, peradangan dari usus kecil atau jaringan-jaringan yang mengelilinginya yang mencegahotot usus kecil bekerja secara normal dan mendorong isi-isinya.
Jika suatu batu empedu yang besar mengikis melalui dinding kantong empedu dan kedalam lambung atau usus kecil, ia akan didorong melalui usus kecil. Bagian yang paling sempit dari usus kecil adalah klep ileo-cecal, yang berlokasi dimana usus kecil bergabung dengan usus besar (kolon). Jika batu empedu terlalu besar untuk melewati klep, ia dapat menghalangi usus kecil dan menyebabkan suatu ileus.


Atau jika Anda pengguna salah satu pengguna obat analgetik yang dijual di pasar bebas, patut waspada. Sebab, mengonsumsi obat jenis tersebut dalam waktu lama dan intensitasnya tinggi dapat menyebabkan lambung rusak bahkan bolong.

Biasanya, orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan jenis NSID (Non Steroid Inflamantory Drugs) dan sering mengalami masalah ini adalah para orang tua yang berusia 60 tahun ke atas. Pasalnya, kondisi lambung mereka yang sudah mulai tipis, diperparah dengan kebiasaan mengonsumsi obat jenis NSID yang sifatnya merusak lapisan lambung.

Bocornya lambung atau dalam ilmu kesehatan disebut sebagai Perforasi Gaster ini tentunya sangat membahayakan. Cairan dalam lambung yang bersifat asam akan mengganggu dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ dalam perut lain yang sifatnya suci hama. Didalam rongga perut itu terdapat usus halus, usus besar, pancreas, limpa dan organ penting lainnya. Dan mereka (organ dalam perut tersebut) diliputi oleh cairan mucus yang bersih dan steril. Sehingga ketika lambung bocor, udaraakan memenuhi rongga perut dan cairan lambung akanmembuat rongga perut tidak steril lagi.


Jika sudah terjadi kebocoran lambung seperti ini, dirinya mengakui kemungkinan adanya penyakit jenis lain yang timbul karena masalah ini. Seperti lengketnya usus halus di dalam rongga perut. Jika sudah demikian, kerja usus halus tentunya menjadi terhambat. Pilih bocor atau mampet?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar